Kuliah, Ga seperti.....

Jumat, November 09, 2012

Cie yang udah jadi mahasiswa. Cie yang bentar lagi dianggap dewasa. Cie yang bentar lagi bakal banyak kenalan. Cie yang bentar lagi bakal dapat pacar (khusus jomblo). Dan cie-cie lainnya.

Mahsiswa baru yang sering nonton ftv. Yang kalau kuliah itu, datang kekampus pakaian bebas, dari gaya super mario sampai gaya tante super, super mecing. Kalau duduk nyari yang paling belakang, bentar gitu langsung pulang. Di lorong nabrak cewek yang bukunya kemudian jatuh, terus lu ambilin, terus lu jatohin lagi danterjadi pengulangan berulang kali hingga saling memandang dan saling sentuh tangan. Kalau belumgitu, ya bukunya di jatuhin lagi. Mungkin itu sebagian angan-angan waktu kalian pertama masuk kuliah, dulu. Jadi mahasiswa, mahanya para siswa. Nenteng almamater. Demo ke sana-sini. Keren.

Tapi kenyataannya, plaakk.

Hoax. Setelah kalian kuliah kalian baru merasakan bahwa dunia nyata berbanding 720° dengan dunia per-ftv-an. Ya, emang Cuma di ftv yang bisa kayak gitu. Contohnya gue,kuliah dari pagi sampai sore. Full. Mana di kelas isinya cowok semua. Gersang. Apalagi masih ada kampus yang ngewajibin pakai seragam. Haduh berasa kembali ke jaman sekolah. Ga ada perubahan. Dan lu pikir kuliah itu santai?? No way. Tugas numpuk itu udah jadi hal lumrah. Bahkan gue pikir hukumnya wajib ain. Ga ada tugas ga rame. Tepatnya, ga ada tugas bagai sayur tanpa garam. Makan tu tugas.
Yang lebih gue lihat di jejaring sosial, baik itu facebook, twitter dan para keluarganya, kebanyakan yang posting ngeluhin tugas. Di samping misi mereka sebenarnya, galau. Ada yang tiba-tiba jadi panda, matanya item. Ada yang tiba-tiba rajin ngeronda, lembur. Bahkan ada yang kayaknya udah pacaran sama tugas. Ditemenin terus. Keliatan banget jomblonya. Malam minggu diapelin tugas.

Jadi mahasiswa ga lengkap rasanya kalau Cuma jadi mahasiswa kupu-kupu. Kuliah-pulang-kuliah-pulang. Paling Cuma diselingi tidur, itu mah wajib. Coba cari kesibukan lain. Misalnya ngamen di jalanan, nebengin paacar orang lain. Ah ga nyambung. Organisasi cuy. Lu juga perlu yang namanya interaksi. Secara lu itu makhluk sosial.

Gue jadi ingat kata salah satu dosen gue. “Kalian itu mahasiswa, mahanya para siswa. Kalian harus bersifat kritis dengan keadaan, jangan main terima aja”. Iya pak, iya. Kritis, bentar lagi koma, terus mati. Bayangin aja dengan tugas yang udah lebih tinggi dari gunung himalaya. Belum lagi fotokopi bahan kuliah sana-sini, apa ga bangkrut. Jebol ni kantong. Dan yang paling nyata dilakuin ssaat keadaan kayak gini, teman jadi solusi. Muehehehe :D. pinjam duit, walaupun sesama ga punya duit. Ibarat pepatah banyak anak banyak rejeki, gue ubah jadi banyak temen banyak solusi.

dan yang paling ditunggu-tunggu saat kuliah itu ujian. Mungkin ga bagi sebagian anak yang lain, atau mungkin Cuma gue yang setia menunggu. Eh, yang pertama pastinya libur, yang kedua baru ujian. Bukan karena gue sok pintar, tapi yang gue suka dari musim ujian itu, pilangnya cepet. Sehari paling Cuma 2 jam-an di kampus, ya sekitar dari jaman es hingga jaman batu. Setelah itu, hibernasi 22 jam di kasur. Bisa dibilang musim ujian itu pembalasan buat hari-hari melelahkan lainnya. Apalagi yang jam tidur siangnya lebih sering kegadai sama tugas.

Kllimaksnya, saat kenaikan tingkat. 
Wuih, lu bakal jadi kakak tingkat men. Bakalan dipanggil kakak ni sama adek tingkat. Bakalan banyak yang naksir nih, cari gebetan ah (khusus jomblo). Kalau gue sih sebenarnya ogah dipanggil kakak atau abang. Gue ini orangnya curigaan. Jangan-jangan itu adek manggil gue kakak bukan karena hubungan senior-junior, tapi secara ga langsung mau ngatain gue tua. Ok, gue terima, gue tua. Tapi muka muda sekalipun ga ada yang mau mengakui.

Yah selagi lu masih jadi mahasiswa amatiran -ceritanya gue udah profesional- , mending lu nikmatin aja dulu kehidupan ini. Sebelum lu masuk dalam kehidupan nyata yang memang sangat berbeda denga dunia ke-ftv-an. Kita Cuma berencana, tapi Tuhan yang punya jalan cerita. Kiat ga tau besok kita jadi apa. Bisa aja berubah 100%, dari cowok jadi cewek gitu. Yang jelas ini hidup lu. Nikmatilah.

Dan makna dari tulisan ini adalah,
Jangan keseringan nonton FTV. Itu hoax.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images