Season Lebaran

Selasa, Agustus 13, 2013

Assalamualaikum Indonesia
Happy Ied Mubarak..

Posting spesial lebaran karena gue emang ga mau kalah sama sinetron-sinetron ataupun band yang udah nelurin album religi atau serial spesial lebaran.

Banyak hal yang ditunggu pas moment lebaran, banyak banget. Saking banyaknya, sampai-sampai gue lupa udah berapa lama gue jomblo ada berapa momen lebaran itu. Yang jelas, banyak hal yang mengasikkan (juga menguntungkan) saat lebaran itu tiba.

  • Baju baru. Ga wajib, tapi sunahnya muakad. Berburu baju baru saat lebaran menjadi daya tarik sendiri, apalagi bagi ibu-ibu penggemar diskon. Bajunya belum dibayar dan masih dicoba di kamar ganti, tapi udah foto + upload sosmed. Ingat, baju buat lebaran, bukan baju lebar-an.
  • Bakal ketemuan. Momen kumpul-kumpul bareng keluarga emang ga bisa dipisahkan saat hari raya. Semua pada kumpul. Ga heran kalau sampai ada yang bela-belain mudik jauh-jauh saat lebaran. Selain sama keluarga, kumpul-kumpul bareng teman sejawat juga merupaka hal wajib saat lebaran. Apalagi yang udah lama ga ketemuan, “kangen beut”. For your information, diacara yang kayak beginian kalian bisa nemuin jodoh kalian. Iya kali-kali aja ada anak dari tante-sepupu-adeknya-kakek yang nyantol.
  • Dompet bakal tebel. Ga ada hal yang paling ditunggu saat kumpul bareng keluarga ataupun berkunujng ke rumah sanak saudara, selain malakin duit orang yang lebih tua. Bagi-bagi THR Udah jadi kayak ritual resmi. Orang yang udah berkeluarga wajib ngasih THR sama sanak saudaranya yang masih lajang. Kalau ada paman atau tante manggil nyuruh baris mau dibagiin THR, gue sering ngalah ngantri dibarisan paling belakang. Karena gue yakin, duit pecahan itu pasti keluar duluan, nah pas bagian gue, “duh ga ada pecahan lagi, ini aja deh” (sambil nyodorin duit Soekarno-Hatta). Wajar sih, yang lain kalau antri bawa peci, lah gue baskom cucian, biar lebih banyak.
hasil palakan kemarin
  • Banyak makanan. Lebaran ga ada makanan di rumah itu sama aja kayak “sayur tanpa sayurannya”. Udah pasti minimal di rumah ada ketupat sama rendang. Kue-kue kering banyak banget, kalau dikiloin mungkin lebih berat dari laundry harian gue. Kalau gue jelas lebih milih ketupat sama rendang. Alasannya simpel, ini lebaran coy, jarang-jarang ada yang mau masakin ketupat+rendang gratis selain emak lu. Tapi perlu kalian ingat, khususnya CEWEK, kalau makan jangan berlebihan kalau ga mau badan kalian kayak ketupat, taulah bentuknya gimana. 
kue lebarannya ini
  • Jalan-jalan. Emang ga semua orang bisa jalan-jalan waktu lebaran. Ada beberapa diantara kalian yang kalau lebaran jadi juru kunci, alias dititipin kunci buat jaga rumah. Kerjaan Ngandang aja di rumah ga bisa kemana-mana. Tenang aja, kalian punya banyak teman yang bakal menghibur kalian dengan bertamu, setelah itu pergi lagi. Ngajak jalan sih, tapi kalian cuma bisa gigit jari.
  • Kuliner. Udah pasti kalian bakal nemu banyak jenis kuliner saat lebaran. kalian yang pulang kampung pastinya bakal kangen dengan kuliner khas daerah kalian yang udah lama ga kalian santap. Kalian yang ga pulang kampung, alias ngandang diperantauan bakal nemuin kuliner baru yang belum pernah kalian temuin sebelumnya. Menurut gue, Kuliner adalah harta karun yang nyata. Dan disetiap gue pulang ke kampung halaman, pasti disempat-sempatin makan yang namanya bakso. “Tapikan bakso ada dimana-mana, bang?”. Iya tau, tapi bakso daerah gue beda dengan bakso lainnya. Kalian ga bakal tau kalau belum pernah nyobain.
bakso itu kayak gini, tapi udah habis
  • Banyak di-doa-in. Sebagai orang yang lebih muda, wajb buat kita buat sungkeman ke kerabat yang lebih tua. Ada hal yang paling gue seneng waktu sungkeman. Para leluhur (baca: kakek-nenek) selalu manjatin doa kalau anak cucunya lagi sungkeman. Dari mulai panjang umur, mudah rejeki, sampai cepat berjodoh (aamiin gue paling kenceng di bagian ini).

Setiap momen yang jarang terjadi ini akan sangat baik jika diabadikan. Ga heran jika 4 – 5 jam setelah sholat ied, facebook dan twitter dipenuhi foto upload-an. Dari yang kumpul sama keluarga, sama pacar, sama toples makanan, sampai sama bayangan sendiri juga ada.

Bagaimana momen lebaranmu??? ayo share!!!

You Might Also Like

9 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images