Mahasiswa Tingkat Akhir

Rabu, September 04, 2013

 Mahasiswa tingkat akhir?? Mungkin ada diantara kalian yang berpikir “itu, keren”, “udah paling senior dikampus”. Iya, gue juga berpikir seperti itu, tapi dulu. Itu dulu banget ketika gue baru masuk ke dalam dunia per-mahasiswa-an.

Awalnya, gue pikir dengan menjadi mahasiswa tingkat akhir, yang jelas dosen udah pada kenal, kehidupan gue di kampus bakalan lebih mudah. Lebih mudah buat akses infrastruktur kampus, lebih mudah ngelobi dosen kalau ada urusan yang ga penting. Lebih mudah ngutang di kantin, ya, ini paling penting. Bakal banyak yang lebih ngenal gue, kehdupan bakal lebih santai daripada mahasiswa baru, yang semua yang berbau kampus mereka cobain. Dulu waktu gue jadi mahasiswa baru, masih muka lucu-lucunya, foto profil facebook sama ava twitter udah pasti foto pake almamater kesayangan. Malahan mungkin gue lebih lebay ketimbang mereka dalam hal nyobain-semua-kegiatan-tentang-kampus. Semua kegiatan diikutin, dari yang ga penting, sampai yang ga penting banget.

Gue pernah ngeliat kakak senior (udah tingkat akhir), bicaranya keren banget, berkobar-kobar memantikkan api semangat. Untung ruangan kelas ini ber-AC, rada anyep. Kapan gue bakal seperti itu? Mungkin Tuhan menjawab doa gue. Kini predikat mahasiswa tingkat akhir udah nebeng ke jidat. Dengan predikat itu, jelas harus lebih dewasa, lebih mengayomi dan menafkahi adek kelas.

Walaupun sebenarnya gue belum pantas dibilang mahasiswa tingkat akhir. Secara, temen satu angkatan masih menikmati masa kuliahnya, mereka masih belum mendapat predikat mahasiswa tingkat akhir itu. Mereka masih lucu-lucu. Dan gue, udah (dikatain) tua.

Lah kok gitu? Iya gue juga heran, kenapa masa kuliah gue lebih cepat ketimbang teman seangkatan lainnya. Karena gue pinter? 100% salah. Mata kuliah BahasaIndonesia aja GA DAPAT nilai A. Apa mungkin para dosen udah ga mau lagi ngeliat muka yang lucu di kampus ini. Mungkin ini konspirasi semesta. Mungkin juga inilah nasib gue.

Udah beberapa minggu ini akhirnya gue balik lagi ke kampus setelah mengasingkan diri ke negeri dongeng dimana tempat gue magang. Udah ketahuan gimana rasanya kerjaan gue nanti. Udah ketauan, gimana rasanya nerima gaji. Walaupun gaji-gajian. Kini kehidupan layaknya sinetron yang diberi judul “Mahasiswa Dikejar Deadline”. Iya deadline, jalan kematian.. Gue harus mati-matian nyelesai-in tugas akhir kampus ini. Gue harus mati-matian ngilangin rasa bosan karena gue dikejar deadline. Gue harus mati-matian ngehubungin dosen buat ketemuan. Iya, dosennya susah banget diajak ketemuan, padahal gue bukan ingi menyatakan cinta sama dia.



dengan segala alasan itu, untuk mengisi hari-hari dimana tugas akhir perhatian banget ke gue, gue akhirnya mutusin ngeblog aja.
kenapa gue milih ngeblog? selain malu dengan bio twitter, ya emang gue suka ngeblog.
salah satu alasan gue ngeblog


gila lu? blog lancar ngeposting mulu. Itu tugas akhir belum juga kelar tau.

Temen gue pernah nyeletuk, 
“tapi elu enak, Yad, tiap hari libur ga perlu kuliah lagi, ga perlu ke kampus lagi”.
Dan ga perlu ngutang dikantin kampus lagi.

Kalian salah, disaat kalian udah ga ngelakuin hal itu semua lagi, kalian pasti merindukannya. Gue juga pernah bilang kalimat yang sama ke kakak kelas waktu dia jadi mahasiswa tingkat akhir. Dan apa jawaban dari kakak kelas itu,

Kalian ga akan pernah tau gimana rasanya menjadi kami (mahasiswa tingkat akhir), jika kalian belum pernah ngalami seperti yang kami alami.

Dan itu juga yang akhirnya gue ungkapin ke teman gue yang nyeletuk itu.

Catatan: perkataan kakak kelas itu berlaku untuk semua situasi.

You Might Also Like

16 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images