PDKT, Awal Dari Patah Hati

Rabu, Desember 12, 2012

Terkadang, hal yang ingin dicari tidak mudah kita temui.
Bukan karna gagal atau mati menghilang.
Tapi mungkin hal itu sudah berada di dekat kita
dekat, dekat sekaliNamun tak pernah terjamah
Tak pernah terlihat
Tak pernah kita sadari, itu.
Mengapa masih saja mencari di kejauhan
padahal yang dekat lebih berarti.
Sebenarnya kita takut, takut yang dekat menjadi jauh
takut yang nyata menjadi maya, hilang.
Sama halnya kenapa kita mencari perbedaan
padahal persamaan sudah dimiliki.
Jika perbedaan itu indah, kenapa berbeda itu sakit.
Jika perbedaan itu anugrah, kenapa berbeda itu pahit.
Yang mencari tak tau siapa yang dicari.
Yang dicari tak tau siapa yang mencari.
Yang menunggu dalam ketidakpastian.
Yang ditunggu memberi ketidakpastian.
Kadang hati yang datang bukan dari yang ditunggu.

Sebenarnya gue bingung apa yang barusan gue tulis di atas. Puisi bukan, lagu bukan, apalagi syair gulung, jelas bukan. Kata temen gue sih, ini bawaan patah hati. Yah tapi ga mungkin juga kan gue patah hati (kipasin tangan ke mata). Emang benar, patah hati itu banyak efek sampingnya. Apalagi kalau ga di kocok sebelum diminum, makanya baca aturan pakai. Ga nyambung, balik lagi ke topik, topik mana topik?
Eeh maaf, tuhkan otak gue jadi konslet. Ini nih salah satu efek dari patah hati.

Orang yang patah hati itu bisa aja mendadak jadi melankolis. Cirinya muka sendu, tiba-tiba jadi puitis, dan tiba-tiba juga sering nangis, Galau. Ada juga yang jadi gila, bahkan mau bunuh diri. Temen gue, yang kuliahnya semula hancur, berubah makin hancur gara-gara patah hati.

Sebenarnya awal mula dari patah hati itu ialah PDKT. Karena setelah PDKT itu kalau ga jadi pacar, ya PHP. Lumrah sih jadi PHP, sapaan "gue-elu" yang berubah jadi "aku-kamu" atau bahkan "mbem-ndut" dapat disinyalir menjadi dalang dari PHP. Walaupun mungkin faktor ke-GR-an menjadi yang utama. Emangnya lu yakin dia yang tiap pagi bangunin kamu, tiap siang ngingetin makan, dan tiap malam ngingetin tidur, itu emang bener perhatian, apa cuma sinyal hati-hati.

Emang PDKT itu masa yang paling indah dalam hubungan. Di sana ga ada kata putus. Ya gimana mau mutusin, jadian aja belum. Di sini keuntungannya buat lu yang trauma mendengar kata putus, atau yang disebut breakephobia, haha istilah ini cuma asalan gue. Kenapa untung? Jelas, dia ga bisa mutusin. Kalau tiba-tiba dia minta putus, kan jadian aja belum. Nah kalau dia ngajak jadian, tolak. Lebih menambah ke-elegan-an jomblo lu.

Lagian di masanya PDKT seseorang itu tingkat kerajinannya naik 30%. Rajin ngingetin dia makan, walaupun dia ga pernah ngingetin kamu. Rajin ngebangunin dia pagi, walaupun dia ga pernah nge-bangun-pagi-in kamu. Rajin ngingetin istirahat malam, walaupun dia ga pernah ngingetin lu istirahat. Tuh efek keGRan dalam hidup lu. Emang lu yakin setelah dia lu ingetin makan, dia bakal langsung makan sambil bayangin wajah lu. Emang lu juga yakin setelah lu bangunin dia pagi, dia ga balik tidur lagi. Emang lu yakin setelah lu nyuruh dia istirahat saat malam, dia langsung nurut terus bayangin wajah lu dalam mimpinya. Palingan juga dia pura-pura bilang "iya", terus ngsms gebetannya, tanpa memperduliin lu.

Pernah nerima sms, atau jadi yang ngirim sms. Smsnya bijak-bijak, lucu-lucu yang menarik-menarik gimana gitu. Sebenarnya itu cuma modus yang terselip dalam PDKT. Pengennya sih itu smsnya ditanggapi dan bisa smsan sama dia. Itu kalo dibalas smsnya, iya kalo. Kalau engga? Nyesek ga bisa marah, tiba-tiba inget dia bukan siapa-siapa elu. Lebih tepatnya, elu yang bukan siapa-siapa dia.

Kebayang tuh, yang rela ngantuk-ngantukan nunggu dia balas sms, ternyata ga dibalas, masih untung lu ga tau sms yang lu kirim ke dia, ternyata dia forwad ke gebetannya. Dan lu?? Ngangguk-ngangguk nahan ngantuk, sendiri lagi. Apa ga PHP tu namanya.

Terus lu janjian sama dia mau berangkat bareng ke kampus. Iyasih, dia mau, tapi lu kudu nungguin dia. Yah pasti lu bakalan rela nungguin kayak patung perempatan jalan. Enak sih kalau udah jalan bareng, tapi gimana kalo pulangnya, lu udah beharap barengan lgi sama dia, eh dia ninggalin lu pulang, sama gebetannya pula.
Masih ga mau ngaku juga udah di-PHP-in.

Nah kalau yang PDKTnya berakhir dengan pacaran gimana? Happy ending bukan? Ga usah lebay deh, emang yakin dia bakal jadi jodoh lu. Kalaupun lu ga ninggalin dia, emang yakin dia ga ninggalin lu. Kan emang gitu tuh, senangnya main tinggal-tinggalan.

Emang sih awalnya manis, udah kayak dodol. Tapi bisa ajakan lambat laun jadi dodol yang jamuran, bikin mules perut.
Yah bukan ngedoain sih, tapi kayak-kayaknya ada yang bakal menjurus ke sana.

Banyak sih alasannya, dari yang konyol sampai yang jujur. Bilang mau putus, katanya mau serius belajar. Eh taunya habis putus langsung cari gebetan baru, satu kampus pula. Godaan itu emang berat men. Ada yang mutusin, bilangnya "kamu terlalu baik buat aku". Emang mau dikasar-kasarin, kalau udah dikasarin baru tuh bilang KDRT, "kamu ga sayang sama aku".

Bingung kan? Sama, gue juga bingung. Kalau ga PDKT, ga mungkin bisa dekat. Tapi kalau udah dekat tapi cuman di PHPin gimana. Terus kalau yang jadian tapi diputusin giman. Kesimpulannya PDKT Itu asal muasal dari patah hati.

Tapi gimanapun, butuh niat, tekat dalam memulai PDKT. Takutnya ada yang PDKT terus, di gantung gituh.
Lah terserah dah, "Berani jatuh hati, Berani patah hati."

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images